Surat Al Qariโah dan Artinya
Berikut ini Surat Al Qariโah dalam tulisan Arab, tulisan latin dan artinya dalam bahasa Indonesia:
ุงููููุงุฑูุนูุฉู . ู ูุง ุงููููุงุฑูุนูุฉู . ููู ูุง ุฃูุฏูุฑูุงูู ู ูุง ุงููููุงุฑูุนูุฉู . ููููู ู ููููููู ุงููููุงุณู ููุงููููุฑูุงุดู ุงููู ูุจูุซููุซู . ููุชูููููู ุงููุฌูุจูุงูู ููุงููุนููููู ุงููู ููููููุดู . ููุฃูู ููุง ู ููู ุซูููููุชู ู ูููุงุฒูููููู . ูููููู ููู ุนููุดูุฉู ุฑูุงุถูููุฉู . ููุฃูู ููุง ู ููู ุฎููููุชู ู ูููุงุฒูููููู . ููุฃูู ูููู ููุงููููุฉู . ููู ูุง ุฃูุฏูุฑูุงูู ู ูุง ูููููู . ููุงุฑู ุญูุงู ูููุฉู
(Al qooriโah. Mal qooriโah. Wa maa adrooka mal qooriโah. Yauma yakuunun naasu kal faroosyil mabtsuuts. Wa takuunul jibaalu kal โihnil manfuusy. Fa ammaa man tsaqulat mawaaziinuh. Fahuwa fii โiisyatir roodliyah. Wa ammaa man khoffat mawaaziinuhu. Fa ummuhuu haawiyah. Wa maa adrooka maahiyah. Naarun haamiyah)
Artinya:
Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas.
Asbabun Nuzul
Tidak ada penjelasan detil tentang asbabun nuzul Surat Al Qariโah. Dan memang tidak semua Surat dan ayat Al Quran kita dapatkan penjelasan asbabun nuzul. Baik di kitab-kitab tafsir maupun kitab yang khusus membahas asbabun nuzul.
Surat Al Qariโah merupakan surat ke-30 yang turun kepada Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam. Yakni turun setelah Surat Quraisy dan sebelum Surat Al Qiyamah.
Sedangkan secara urutan mushaf, ia merupakan surat ke-101. Yakni setelah Surat Al Adiyat. Jika surat Al Adiyat diakhiri dengan uraian tentang hari kiamat, surat ini juga berbicara tentang hari kiamat sejak awalnya. Jika surat Al Adiyat diakhiri dengan isyarat pertanyaan kapan terjadinya itu, surat ini menjelaskan bahwa ia akan terjadi pada hari kiamat yang disebut Al Qariโah, yakni suara keras yang memekakkan telinga.
Tafsir Surat Al Qariโah
Tafsir surat Al Qariโah ini kami sarikan dari Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Fi Zhilalil Quran, Tafsir Al Azhar, Tafsir Al Munir dan Tafsir Al Misbah. Ia bukan tafsir baru melainkan ringkasan kompilasi dari tafsir-tafsir tersebut. Juga ditambah dengan referensi lain seperti Awwal Marrah at-Tadabbar al-Qurโan dan Khawatir Qurโaniyah.
Secara umum, surat ini menjelaskan kedahsyatan hari kiamat. Mulai dari suara yang memekakkan telinga, hingga kondisi manusia dan gunung-gunung. Lalu diakhiri dengan kesudahan manusia berdasarkan timbangan amalnya masing-masing. Masuk surga atau neraka.
Surat Al Qariโah ayat 1
ุงููููุงุฑูุนูุฉู
Hari Kiamat,
Kata al qariโah (ุงููุงุฑุนุฉ) berasal dari kata qaraโa (ูุฑุน) yang berarti mengetuk. Suara menggelegar yang diakibatkan oleh kehancuran alam sangat keras hingga seakan mengetuk lalu memekakkan telinga, bahkan hati dan pikiran. Namun semua peristiwa besar yang mencekam juga dinamakan al qariโah baik disertai suara keras maupun tidak.
Ibnu Katsir menjelaskan, al Qariโah adalah nama lain hari kiamat. Sebagaimana juga disebut al Haaqqah, at Taammah, Ash Shaakhkhah, Al Ghaatsiyah, dan lain-lain.
Surat Al Qariโah ayat 2
ู ูุง ุงููููุงุฑูุนูุฉู
Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?
Pengulangan kata ini menggambarkan rasa heran dan mencekam. Seakan-akan secara sederhana diilustrasikan pintu yang diketuk keras, tidak seperti selama ini. Sehingga ditanyakanlah, โsiapa yang mengetuk itu.โ
Surat Al Qariโah ayat 3
ููู ูุง ุฃูุฏูุฑูุงูู ู ูุง ุงููููุงุฑูุนูุฉู
Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu?
Kalimat maa adraaka (ู ุง ุฃุฏุฑุงู) adalah ungkapan yang digunakan Al Qurโan untuk menggambarkan kehebatan sesuatu yang sulit dijangkau hakikatnya. Umumnya redaksi kalimat ini digunakan untuk alam metafisika seperti surga dan neraka. Juga hal-hal yang luar biasa seperti lailatul qadar dan al โaqabah.
Kalimat ini sekaligus merupakan taโkid (kalimat penguat) untuk memberitahukan betapa dahsyatnya hari kiamat.
Surat Al Qariโah ayat 4
ููููู ู ููููููู ุงููููุงุณู ููุงููููุฑูุงุดู ุงููู ูุจูุซููุซู
Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,
Selain diartikan anai-anai, kata al faraasy (ุงููุฑุงุด) juga diartikan belalang yang baru lahir. Mereka saling menindih dan bergerak ke berbagai arah yang tidak menentu.
Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan bahwa al faraasy adalah hewan bersayap yang bodoh dan bingung jika ada di atas api. Maka ia bisa bermakna laron, anai-anai, nyamuk maupun belalang.
Manusia waktu itu seperti anai-anai yang bertebaran, jumlahnya banyak, lemah, hina dan terbang tak tentu arah.
Surat Al Qariโah ayat 5
ููุชูููููู ุงููุฌูุจูุงูู ููุงููุนููููู ุงููู ููููููุดู
dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.
Kata al โihn (ุงูุนูู) artinya adalah bulu. Ada pula yang memahaminya bulu yang berwarna merah dan warna-warni. Sebagaimana ditegaskan oleh Surat Fathir ayat 27, gunung-gunung yang beraneka warna itu karena perbedaan materi yang dikandungnya. Jika materinya besi, warna dominannya adalah merah. Jika materinya batu bara, warna dominannya adalah hitam. Jika materinya perunggu, warna dominannya kehijau-hijauan.
Mujahid, Ikrimah Saโid bin Jubair dan para mufassir lainnya mengatakan bahwa al โihn adalah bulu domba. Pada hari kiamat, gunung-gunung laksana bulu domba yang diawut-awut hingga berterbangan.
Dua kondisi ini saja, yakni manusia yang seperti anai-anaik bertabaran dan gunung yang berhamburan, sudah menggambarkan betapa dahsyat dan ngerinya hari kiamat.
Surat Al Qariโah ayat 6
ููุฃูู ููุง ู ููู ุซูููููุชู ู ูููุงุฒูููููู
Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,
Kata mawaaziin (ู ูุงุฒูู) merupakan bentuk jamak dari miizaan (ู ูุฒุงู) yang artinya timbangan. Mayoritas ulama berpendapat bahwa amal kebaikan dan kejahatan masing-masing orang ditimbang. Mana yang berat, itulah yang menentukan kebahagiaan dan kesengsaraan di akhirat.
Ketika menafsirkan ayat ini, Ibnu Katsir menjelaskan maksudnya adalah timbangan amal kebaikannya lebih berat daripada timbangan amal keburukannya.
Setelah Allah menjelaskan sekilas dahsyatnya hari kiamat, Dia mengarahkan pandangan manusia untuk memperhatikan kesudahan mereka. Bahwa nantinya mereka akan ditimbang amalnya dan nasibnya akan tergantung pada amal yang ditimbang itu.
Surat Al Qariโah ayat 7
ูููููู ููู ุนููุดูุฉู ุฑูุงุถูููุฉู
maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan.
Kata โiisyah (ุนูุดุฉ) merupakan bentuk tunggal. Memberikan isyarat bahwa kepuasan dan kenyamanan hidup di akhirat itu bersambung, tidak terputus dan tidak berganti seperti di dunia yang kadang senang kadang susah.
Tempat yang demikian itu tidak lain adalah surga.
Surat Al Qariโah ayat 8
ููุฃูู ููุง ู ููู ุฎููููุชู ู ูููุงุฒูููููู
Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,
Yakni orang yang timbangan amal keburukannya lebih berat daripada timbangan amal kebaikannya.
Surat Al Qariโah ayat 9
ููุฃูู ูููู ููุงููููุฉู
maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.
Kata ummuhu (ุฃู ู) berasal dari kata amma-yaโummu (ุฃู โ ูุคู ) yang artinya menuju. Ibu dinamai umm karena anak selalu menuju kepadanya. Dinamai imam yang seakar dengan umm karena ia dituju mata dan diteladani.
Kata haawiyah (ูุงููุฉ) berasal dari kata hawaa (ููู) yang artinya meluncur ke bawah. Dinamakan haawiyah karena neraka itu tempat yang rendah dan menghinakan.
Qatadah menjelaskan, bahwa orang itu terjatuh ke dalam neraka dengan kepala di bawah.
Pada kedua perbandingan antara orang yang berat dan ringan timbangan amal kebaikannya ini, terdapat ihtibaak (ุฅุญุชุจุงู). Yakni membuang masing-masing persamaan yang terdapat pada kalimat yang lain. Kalimat yang dibuang di bagian pertama adalah โmaka tempat kembalinya adalah surgaโ (ูุฃู ู ุงูุฌูุฉ). Sedangkan kalimat yang dibuang di bagian kedua adalah โmaka dia berada dalam kehidupan yang menyusahkanโ (ููู ูู ุนูุดุฉ ุณุงุฎุทุฉ).
Dengan dihilangkannya dua kalimat itu, jadilah akhiran dari setiap bagian surat ini adalah:
ุงููุงุฑุนุฉ
ุฑุงุถูุฉ
ูุงููุฉ
ู ุงููุฉ
ุญุงู ูุฉ
Dalam ilmu balaghah, ini disebut sajak murashshaโ.
Surat Al Qariโah ayat 10
ููู ูุง ุฃูุฏูุฑูุงูู ู ูุง ูููููู
Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?
Seperti disinggung di ayat 3, maa adraaka digunakan terkait alam metafisika yang pada ayat 10 ini adalah neraka.
Surat Al Qariโah ayat 11
ููุงุฑู ุญูุงู ูููุฉู
(Yaitu) api yang sangat panas.
Inilah hakikat haawiyah yang Allah jelaskan. Api yang sangat panas lagi sangat kuat nyala dan gejolak apinya.
Panasnya api neraka 70 kali lipat dari panasnya api dunia. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu โalaihi wasallam:
ููุงุฑูููู ู ุฌูุฒูุกู ู ููู ุณูุจูุนูููู ุฌูุฒูุกูุง ู ููู ููุงุฑู ุฌููููููู ู
Api kalian merupakan salah satu dari 70 bagian dari api neraka jahanam.
Lantas para sahabat bertanya, โWahai Rasulullah, itu pun sudah mencukupi.โ Beliau bersabda:
ููุถููููุชู ุนูููููููููู ุจูุชูุณูุนูุฉู ููุณูุชููููู ุฌูุฒูุกูุง ูููููููููู ู ูุซููู ุญูุฑููููุง
Api neraka lebih unggul di atasnya dengan 69 bagian. Yang masing-masing bagian seperti panasnya api dunia. (HR. Bukhari)
Demikian panasnya api neraka, siksa paling ringan bagi penghuninya akan membuat otaknya mendidih.
ุฅูููู ุฃููููููู ุฃููููู ุงููููุงุฑู ุนูุฐูุงุจูุง ู ููู ูููู ููุนููุงููู ููุดูุฑูุงููุงูู ู ููู ููุงุฑู ููุบูููู ู ูููููู ูุง ุฏูู ูุงุบููู
Sesungguhnya siksa penghuni neraka yang paling ringan adalah orang yang memakai dua sandal dari api neraka hingga otaknya mendidih karenanya. (HR. Muslim)
Penutup Tafsir Surat Al Qariโah
Surat Al Qariโah ini awalnya hanya menyebutkan nama hari kiamat. Lalu diikuti pertanyaan di ayat kedua. Lantas semakin besar pertanyaannya menggambarkan betapa dahsyatnya hari itu. Digambarkan dua hal saja; kondis manusia yang laksana anai-anai bertebaran dan gunung yang laksana bulu berhamburan.
Begitu ngerinya gambaran kiamat dalam surat ini, pernah suatu malam saat Umar bin Abdul Aziz membacanya sampai ayat 5, ia menjerit pedih hingga terjatuh. Istrinya sampai menduga Sang Khalifah meninggal dunia. Saat terbangun, Umar bin Abdul Aziz mengatakan, โCelakalah pada hari di mana manusia seperti anai-anai beterbangan dan gunung-gunung seperti bulu berhamburan.โ
Setelah digambarkan dahsyatnya hari kiamat, Allah kemudian menampilkan kesudahan bagi manusia. Mereka akan ditimbang dengan timbangan keadilan. Nasibnya akan ditentukan hasil timbangan itu. Jika timbangan amal kebaikannya berat, ia akan masuk surga. Jika kebaikannya jauh lebih ringan, ia akan masuk neraka yang sangat panas dan gejolak apinya menyala-nyala.
Demikian Surat Al Qariโah mulai dari terjemahan hingga tafsirnya. Semoga kita diselamatkan Allah pada hari kiamat serta diperberat timbangan amal kebaikan kita hingga mendapat ridha-Nya dan dimasukkan ke dalam surga. Wallahu aโlam bish shawab. [Muchlisin BK/BersamaDakwah]
0 comments:
Posting Komentar